Wednesday, December 27, 2017

Gajian




Gajian, yeyyy! 😍 Hal yang paling paling ditunggu - tunggu di akhir bulan apalagi kalo bukan gajian yaa hahaha secara udah cape kerja senin - jumat (bahkan ada yang sampai sabtu) dan kita tuai hasilnya setiap tanggal tua.

Gue mau berbagi sedikit pengalaman tentang mengatur uang supaya gak ilang begitu aja. Mungkin beda orang, beda profesi, beda juga pengaturan keuangannya yaa. Sebagai accountant yang biasa aja, gue akan berbagi tips mengatur keuangan yang standart sih sesuai pengalaman gue jadi karyawan swasta.

***

Sebelum masuk ke dunia kerja gue nostalgia dikit, yang mungkin bisa buat pembelajaran kalo nantinya gue udah jadi orang tua juga hahaha Dari kecil orang tua gue uda kasih pendidikan untuk mengatur keuangan dan pembukuan simple, jadi gue gak yang "bagaikan ketimpa durian runtuh" kalo gajian langsung habis sekejap, karena uda dilatih sedikit demi sedikit.

Dulu jaman sekolah sampai kuliah, beruntungnya gue dapet penghasilan tetap dari orang tua yaitu uang jajan. Waktu SMP uang jajan dikasih setiap minggu dan gue gak boleh minta lagi, tapi gue masih difalisitasin ojek yang siap jemput sekolah atau jemput gue abis main dan tagihannya langsung ke orang tua.

Jadi uang jajan khusus untuk makan dan jajan aja. Gue merasa cukup - cukup aja sih, bahkan gue bisa makan paket attack KFC seminggu paling ngga satu kali, makan burger Bang Ojos, makan bakmie Pak Kumis, beli DVD lagu, beli pempek depan sekolah, padahal secara logika gue juga bingung kenapa bisa cukup dan gue malahan bisa nabung hahaha mungkin jaman SMP semua serba murah dan weekend banyak di rumah atau cuma main di rumah temen.

***

Naik ke jenjang SMA gue dikasih uang jajan bulanan, nah disini lumayan keteteran, karena belajar dari terima uang tiap minggu jadi tiap bulan, ditambah kebutuhan itu makin banyak, jangankan nabung kadang akhir bulan gue gak keluar rumah karena uda abis duluan uang jajannya. Secara pas SMA gue cuma dikasih uang jajan buat makan dan ongkos *karena ojek gue sakit jadi di SMA gue ongkos sendiri*

Padahal gue ada les yang pasti ada ongkos lebih untuk ke tempat les itu, istirahat dua kali apalagi kalo ada ekskul pulang sore pasti makan lagi, jajanan depan sekolah lebih banyak lebih menggiurkan, dan mulai explore mall, nonton bioskop, ditambah harga makanan kantin SMA itu beda harganya 3x lipat kaya jaman gue SMP, dan gue harus ngatur itu semua mandiri, orang tua gue hampir gak pernah mau kasih uang lagi kecuali ada alesan dan itu urusan sekolah ex. mau beli perlengkapan pramuka.

Jadi pernah di kelas XI akhir atau kelas XII SMA gitu, gue merasa uang jajan gue uda press banget, bahkan untuk makan bener - bener harus milih dan gak tau kenapa naik bajaj itu juga jadi mahal padahal dari rumah gue ke sekolah cuma lima menitan, kadang kalo gue mau jalan - jalan harus bela - belain pulang jalan kaki supaya bisa cukup sebulan (so saaaaad 😭) jadi di SMA gue gosong banget karena jalan kaki jam satu siang bolong haha terus gue memutuskan untuk bikin proposal kenaikan uang jajan ke papa hahahaha yang akhirnya disetujuin, yey!

Mungkin keluarga gue beda dengan keluarga lain yang dicukupin semua kebutuhannya, tapi malah sengaja bikin anaknya ngatur uang sendiri, dan gak pernah mau kasih uang jajan harian. Semua kebaikannya itu gue rasain di saat sekarang. Gue jadi paham karena banyak bereksperimen dalam mengatur uang dan selalu mengkondisikan keadaan serba cukup bukan yang berlebihan.

Akhirnya sekarang gue lebih bijak menggunakan uang, dan setiap pemasukan itu harus diatur biar gak keteteran dan menghindari perasaan yang selalu merasa kekurangan. Alasan dari orang tua gue gak mau kasih harian itu ngajarin untuk berpikir jangka panjang, gak cuma buat hari ini seneng doang tapi seminggu kedepan gimana? Sebulan kedepan gimana? Jadi lebih ada prioritas.

***

Sorry yaa kalo uda cerita banyak banget hahaha padahal tulisannya *nostalgia dikit* 😅 Akhirnya masuk ke dunia kerja gue uda gak terlalu kaget untuk ngatur uang bulanan. Tapi awal - awal gue cuma punya satu bank untuk terima gaji, dicampur antara tabungan sama biaya sehari - hari, ternyata gak bagus.

Gue jadi susah buat memisahkan antara tabungan dan uang yang boleh dipakai buat keseharian sebulan. Sempet ngakalin pake pembukuan jadi semacam rekon bank sederhana, yaitu total di bank terdiri dari berapa tabungan dan berapa yang boleh dipake.

Tapi kurang berhasil ya, karena ketika kita jalan, ngeliat godaan yang lucu ujung - ujungnya gampang gesek walaupun sebenarnya jatah bulan itu udah abis. Hasilnya di bulan depan bukannya nambah malah berkurang tabungannya hahaha

***

Belajar dari kesalahan itu, gue mulai misahin dua bank, satu bank operasional dan satu lagi bank tabungan. Jadi setiap ada transferan gaji masuk ke rekening bank operasional, setelah itu dibuatin anggarannya mau dipakai untuk apa aja, sisanya di transfer ke bank tabungan dan gak boleh diganggu. Pembagiannya sendiri gue urutin dari yang terpenting, yaitu:
  1. Keperluan rutinOngkos yang dibagi antara flazz karena gue pengguna Trasjakarta dan gopay karena gue pengguna ojek online
  2. Sedekah = sekedar bentuk syukur karena gue dibukain pintu rejeki oleh Allah, dan merasa ada bagian dari hak orang lain yang mesti dibagi supaya didoain lancar pekerjaannya, walaupun kecil, tapi niatnya lah yaa hehehe dan sedekah ini bukan cuma harus ke orang lain tapi juga bisa ke orang tua atau saudara kita
  3. Tabungan = rate nya mungkin beda - beda ya tapi gue memaksakan diri untuk minimal 40% dari gaji harus ditabung kalo sisanya kurang atau gak cukup gue mesti ngatur sendiri apa yang mau di rem dan apa yang jadi prioritas.
  4. Utang = biasanya bayar kartu kredit karena gue gak mau bayar telat, supaya gak kena denda bunga jadi abis gajian wajib. Bisa juga kalo lagi pergi karena ribet bayar masing - masing jadi ditalangin dulu, nah itu dicatet nih utang ke teman biar gak lupa bayar
  5. Belanja bulanan = biasanya untuk keperluan kamar mandi yang uda mulai abis, dan beda - beda setiap bulannya, kadang ada bulan yang sedikit belanjanya, nah di bulan itu gue agak longgar buat belanja hura - hura, sebaliknya kalo belanja bulanan lagi banyak yang abis, belanja yang sifatnya keinginan lebih gue rem
  6. Uang jajan weekday dan weekend = kenapa dibedain? Karena otomatis hari libur dikasih rate lebih besar untuk jalan - jalan dan hari kerja cuma makan atau jajan, misalnya ada 22 weekday dan 9 weekend nah ditentuin seharinya berapa dikali sama hari tersebut, rate uang jajan ini kadang bisa beda tergantung 5 point sebelumnya itu besar atau ngga
  7. Sisanya itu bebas mau dipake belanja atau jalan - jalan gak terduga deeeh 😝





Tapi buat kasus tertentu misalnya kalo di bulan ini gue mau jalan - jalan atau ada event gak terduga, gue gak mau ambil tabungan prefer ngurangin tabungan di bulan itu aja. Biar tabungan yang udah masuk gak diotak - atik lagi. Perlu diingat ini pembukuan gue dimana kebutuhan gue beda dengan orang lain, jadi kalo ada yang mau ditambah atau dikurangi contohnya merantau mau ditambah biaya rutin bayar uang kos, yang otomatis rate tabungan akan berubah, gak masalah, yang terpenting adalah punya catatan dan bisa mengatur pendapatan yang kita punya.

Di bank tabungan juga gue mulai rutin sejak tiga bulanan lalu untuk setor deposito yang setiap bulan cair. Tapi disisain untuk jaga - jaga (jangan sampe bener - bener habis ya) untuk kejadian gak terduga, mungkin gak gede sih nilainya, dan bukan investasi yang high return, karena gue belum ketemu investasi yang oke dan aman jadi memutuskan pake konvensional dulu deh.

Semoga membantu yaa, gue juga masih belajar untuk mengatur keuangan, karena kalo gak diatur uang itu kaya air, cepet banget ngalirnya, tau - tau umur udah nambah dan kita kerja gak keliatan apa hasilnya karena habis untuk hal - hal konsumtif yang gak ada catatannya. Penting banget buat punya rincian catatan pembukuan, untuk evaluasi kita sendiri, dan supaya punya plan kedepannya mau dipakai untuk apa, mau nabung berapa banyak untuk beli sesuatu yang kita mau capai.

***

1 comment:

  1. Pinch Edge Safety Razor: Titanium Comb - TITanium
    Pinch titanium exhaust Edge Safety titanium rod in leg Razor: Titanium mens wedding bands titanium Comb – 2020 edge titanium TITanium Comb – TITanium Comb – TITanium Comb – TITanium titanium engagement rings Comb – TITanium Comb – TITanium

    ReplyDelete