Wednesday, December 26, 2018

Tas Charles & Keith 265 ribu 100% ORI ???

Siapa gak tau merek tas, sepatu, dan dompet yang terkenal satu ini Charles & Keith. Gue mau bahas tentang tasnya, di counter harga yang dia tawarkan dimulai dari 700ribu-an. Nah, uda dari beberapa bulan gue liat di instagram banyak banget online shop yang mengklaim dia menjual produk Charles & Keith dengan harga jauuuh di bawah counternya, sekitar 200-300 ribu-an dengan iming - iming original 100% bahkan ada beberapa online shop yang menjanjikan uang kembali jika palsu.

Nah, akhirnya gue mencoba beli di salah satu online shop yang bukan cuma 100 tapi 1000% original, harganya bisa murah karena gak kena pajak dan sebagainya hahahaha setelah pesen, dia bilang ada lengkap dengan dust bagnya (dust bag ini gak selalu dapet ya, kadang bisa habis juga) tapi minus paper bag (ini lagi habis)

Jadi kalo semuanya lengkap kita dapet tas sepaket dengan dust bag dan paper bag. Apa sih pentingnya? Ini penting kalo kita mau kasih kado, jadi seolah - olah beli di counter aslinya, selain itu untuk menguatkan persepsi dari pas buka uda "asli ini mah" hahaha

Dari permasalahan dust bag dan paper bag aja sebenernya bikin curiga, dimana per produk seharusnya memang harus ada dust bag, itu kan uda standarnya. Mungkin kalo paper bag okelah bisa gak sesuai jumlahnya. Tapi gue masih berpikir, yaudalahhh.

***

Tibalah barang yang ditunggu - tunggu. Pas dibuka, secara dust bag asli yaa hahaha (by the way, ternyata dust bag atau paper bag ini bisa dibeli terpisah loh, gue kebetulan pernah ngeliat di salah satu mall kecil, isinya jualan paper bag dan dust bag dari merek - merek menengah sampai merek high-end).

Masuk ke pembahasan tasnya, gue akan membandingkan kualitasnya dengan dompet yang gue beli langsung di counter. Gandulan seleting maupun besi yang ada label Charles & Keith bisa dibilang sama persis, sedangkan besi - besi yang ada di tali selempangnya itu mengkilap sihh tapi enteng, beda banget sama tas Charles & Keith pada umumnya yang berat besinya.

Ini sleting dari tasnya

Ini sleting dompet CK, sama kaaan?

Besinya mengkilap bagus, tapi percayalah ini enteng haha

Ini juga besi mengkilap nan enteng haha

Sekilas ini sama, tapi ketika disatuin buat dikunci agak sulit

Masuk ke tekstur dan kualitas bahannya, tas ini teksturnya lembek, gampang berbekas lipatan, gampang penyok. Untuk talinya dengan bahan yang sama, dia jadi naik - naik, bentuknya jadi gak karuan, dan gampang banget keriting. Ketebalan talinya sendiripun gak setebal tas CK yang umum, lebih mirip kaya tas handmade dibanding tas yang udah punya merek.

Ini kondisi baru loh, uda keriting begini yaa

Ini pas di packing mungkin keteken dengan barang lain, jadi penyok dan gak balik lagi

Ini talinya, lumayan tipis kaan. Walaupun masih kuat sih buat tas kecil gini.
Nah ini bentukannya, si tali keriting haha

Can you spot the penyok - penyok? haha dan kalo diperhatiin bentuknya agak kurang simetris ya

Padahal dompetnya gue beli uda hampir 1 tahun, sering dibuka - tutup tapi gak berbekas, tipe bahannya pun kokoh bukan lembek. Mungkin ada 2 macam tipe bahan tas, tapi gak mungkin dong kualitasnya beda jauh padahal mereknya sama? hahaha

Ini bentukan dompet CK yang uda hampir setahun, mulus banget bagian kulit yang kelipet - lipet

Looks like a new kaaan? Tanpa penyok

Can you see the difference?

Jadi kesimpulannya apakah kalian sepikiran dengan gue? hahaha


***

Pertama kali ngeliat gue udah feeling "wah ini mah palsu". Sebenernya tasnya masih oke untuk tas biasa, jaitannya rapih dan kuat, walaupun kurang simetris ya, dan akan lebih baik kalo jujur jualan tas handmade atau tas KW dibanding bohong dengan menjanjikan tas itu original. Tapi secara harga untuk tas handmade ini kemahalan, dimana banyak banget tas handmade dengan kualitas serupa harganya under 200 ribu, dan tas KW dengan harga segitu uda bisa dapet yang super, otomatis kualitasnya lebih bagus seharusnya.

Mungkin untuk pembeli dari daerah tertentu yang masih jarang counter Charles & Keith akan merasa "owh tas CK kaya begini toh, iya asli ya dapet dust bag, ada tag mereknya juga, bagus kok" karena para online shop bisa menampilkan testimoni yang menguatkan klaim original mereka. Tapi buat yang tinggal di jakarta dan sering ngeliat barang aslinya di mall jelas ini palsu loh, dan testimoni yang protes mana mungkin ditampilkan oleh si online shop kan 😓

***

Jadi kesimpulannya, jangan pernah percaya kalo ada yang jual barang bermerek dengan harga murah tapi gak mau ngaku itu KW, karena pasti itu KW hahaha sebenernya gue pun kadang beli barang KW di penjual yang memang ngaku, misalnya KW super atau apa, tapi yang jelas kita paham itu barang palsu, bukan menipu customer dengan ngaku asli tapi palsu yaaa.

Kalo harganya beda 100-200ribu masih ada kemungkinan kok, misalnya ambil di Singapore tanpa pajak dan lagi discount. tapi kalo beda harganya uda lebih dari setengah jangan dipercaya yaaa. Dibeli bolehh karena emang kualitasnya ga jelek - jelek banget, cuma sandingkan pilihan kalian dengan tas - tas handmade yang lain, apakah worth atau tidak yaaa.

Semoga membantu kalian yang lagi galau liat online shop jual dengan harga murah dan bingung beneran asli atau gak hahahaha 😁


***

No comments:

Post a Comment