Friday, March 2, 2018

Review - Belanja di gramedia.com

12 Desember 2017, Harbolnas!!!



Ikut berpartisipasi dengan belanja di website gramedia.com karena kebetulan ada buku yang mau dibeli dan diskonnya menggiurkan bangeet 50% ditambah free ongkir menggunakan ARK Express haha Langsung buka websitenya, dan gue memilih 2 buku : "Rentang Kisah" - Gita Savitri Devi dan "Tentang Kamu" - Tere Liye.




Kesan pertama untuk websitenya gue liat masih banyak yang harus di develop sih karena masih standart bangeeet untuk nama besar Gramedia kalo dibandingin sama website belanja lain, tapi ya oke lah gak ribet cara pesennya.



---


Seperti biasa gue bikin akun di gramedia.com, yang di sambungin dengan email. Gue pesen dan transfer di hari yang sama yaitu tanggal 12-12-17, mereka konfirmasi juga cepet. Setelah kofirmasi pembayaran diterima, berubahlah status pemesanan di akun gue menjadi pesanan disiapkan.


Gue liatin hampir setiap hari, kok gak berubah - berubah status disiapkan itu menjadi dikirimkan. Dan gue cukup bawel untuk chat customer servicenya, jawabannya selalu sama, "sedang menunggu antrian untuk disiapkan" gue tanya dong, "antrinya berapa lama, dan kapan barang bisa dikirim?" jawabannya juga selalu sama "kami tidak bisa memastikan, nanti dibantu konfirmasi ke orang gudang karena barangnya harus disiapkan dulu" sampe hafal loh jawabannya 😓


---


Di tanggal 07-01-2018 barulah ada email masuk, pemberitahuan tentang buku gue dikirimkan, seneng? Iya. Tapi, jengkel juga uda ditunggu - tunggu yang dikirimin baru 1 bukunya. Setelah sampai, buku yang dikirim baru yang "Rentang Kisah", dan gue liat status pesanan berubah menjadi dikirimkan sebagian.


Terus gue konfirmasi lagi ke customer servicenya, apa kabar dengan buku gue satunya lagi yaa? Daaaan gue mendapatkan jawaban yg sama lagi 😥 uda kaya autotext aja jawabannya. Sampe akhirnya tanggal 26-012018, pihak gramedia mengirimkan email untuk menyelesaikan transaksi - transaksi harbolnas yang masih pending, dan menawarkan 2 pilihan:
1. Refund dan memberikan voucher potongan untuk berbelanja berikutnya sebesar refund tersebut
2. Dicarikan kembali dan diberikan voucher potongan 15% untuk belanja selanjutnya.


---


Gue memilih pilihan nomor 2, dan email gue dibalas akan diproses setelah 14 hari. Nah tanggal 13-02-18 gue chat lagi, gimana nih kelanjutan buku gue, uda 14 hari tapi email masih sepi dari informasi gramedia.


Akhirnya dibales, dan ternyata informasinya buku itu kosong, dan diajuin refund aja. Sangat mengecewakan ya, dimana gue uda nungguin 14 hari dan ketika di chat bukannya jawaban yang jelas tapi malah info kalo bukunya kosong, sempet agak marah sampe ngomong "kenapa gak diinfoin duluan harus saya yang chat baru dikasih tau infonya" geramm kan.


Dan ternyata proses transfer-pun 14 hari kerja, sampe akhirnya males untuk memperpanjang gue ngomong ke customer servicenya aja "mohon diperbaiki sistem dan pelayanannya, karena sangat lambat dan jauh dari kata baik." Udahlah gue pikir mau ditransfer atau ngga yauda, toh gak besar juga, cuma kesel aja kaya gak profesional, padahal itu perusahaan besar.


---


Nah hari sabtu tanggal 17-02-18 gue lagi santai - santai di rumah, tiba - tiba ada bel anter paket, pas gue liat kaget dong, dari Gramedia. Eh ternyata buku gue sampai hehehhe 😍😍😍 senenggg? Iya dongg! Ibarat uda dikecewain tiba - tiba surprise dateng barangnya hahaha


Tapi tetep aja janggal, pertama di akun gue status pesanan masih dikirim sebagian, dan terakhir gue chat sama customer servicenya juga kosong bukunya. Sampe akhirnya hari senin tangga 19-02-18 gue chat, untuk memberi tahu kalo pesenan gue uda dateng setelah hampir 3 bulan, dan say thanks juga. Tapi, sampe sekarang belum berubah loh status pesanan gue.





Happy ending sih, walaupun banyak ngeselinnya hahaha 😂


Kesimpulan:

<plus>        : Simple cara pesen dan bayarnya
                     Banyak diskon menggiurkan


<minus>     : Proses transaksi memakan waktu sangat lama (hampir 3 bulan)
                     Sulit track barang sampai mana karena customer service berbeda dengan bagian gudang
                     Status pesanan tidak update


Repurchase? Hmmm, I think, no. Mungkin semua kelalaian ini gara - gara gue beli disaat harbolnas dimana pesenan bejibun banyaknya yaa, kalo lagi hari biasa belum pernah coba sii 😮

Kalo hari biasa cepet prosesnya, boleh juga, karena diskon website banyak. Tapi, untuk gue pribadi akan milih beli buku langsung di outletnya aja, jadi gaada bumbu deg deg an nya kapan sampenya ini buku hahaha 😂

Gue berharap ada perbaikan sih dari website gramedia.com, karena kita udah percaya dengan nama baiknya, tinggal dirapihin aja website dan pelayanannya, gampang pasti merebut hati para pecinta buku🙆




No comments:

Post a Comment